Bahan Resep Kue Lapis Kukus Tradisional Khas Jajanan Pasar

Advertisement

Komposisi bahan dan resep cara membuat kue lapis tradisional merah putih khas jajanan pasar dengan tekstur rasa manis dan kenyal berbahan dasar tepung beras dan maizena.

Bahan Resep Kue Lapis Kukus Tradisional Khas Jajanan Pasar
BahanresepDotCom - Komposisi bahan dan resep cara membuat kue lapis tradisional merah putih khas jajanan pasar dengan tekstur rasa manis dan kenyal berbahan dasar tepung beras dan maizena. Bagi anda yang pernah merasakan nikmatnya salah satu kuliner tradisional yang mulai jarang ditemukan sekarang ini dan termasuk ketegori jajanan pasar ini pasti akan kangen dengan kelembutan dan sensasi kenyal berlapis saat memakannya. Kue lapis tradisional ini biasanya mempunyai 2 komposisi warna yang khas yaitu merah putih dengan putih cokelat. Jika anda ingin merasakan sensasi nostalgia akan jajanan ini, dipostingan kali ini blog Bahan dan Resep akan memberikan secara khusus untuk anda sebuah resep turun temurun yang kami beri nama "Resep kue Lapis Tradisional Khas Jajanan Pasar ala Bahanresep.com".
Resep kue Lapis Tradisional Khas Jajanan Pasar ala Bahanresep.com
Sebenarnya cara membuat kue lapis tradisional ini mudah dan simple, hanya perlu ketelatenan dalam membuat perlapis lapisan yang memang membutuhkan kesabaran dan kecermatan. Selain itu, untuk hasil yang baik dan maksimal, sebaiknya anda menggunakan bahan terbaik dalam setiap resep bahannya. Warna yang khas seperti merah dalam kue lapis biasanya diambil dari warna pewarna namun jika anda mendapati kue lapis yang berwarna cokelat biasanya diambil dari warna gula jawa ataupun gula aren. Untuk mempersingkat waktu tentang apa saja bahan dan bagaimana langkah dan cara membuat kue lapis tradisional yang lezat dan nikmat, silahkan anda simak resep lengkap dan bahannya dibawah ini.

Bahan kue lapis jajanan tradisional

  • 600cc santan kental dari 1 1/2 butir kelapa, panaskan sebentar sambil terus diaduk
  • 1 lembar daun pandan
  • 100gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 100gr tepung maizena
  • 100gr tepung beras
  • Pewarna kue warna pink/merah atau hijau (jika anda ingin memakai warna cokelat, anda bisa mengubahnya dengan gula jawa atau cokelat bubuk)

Cara membuat kue lapis khas jajanan pasar

  1. Pertama tama rebus kembali santan dengan ditambahkan daun pandan,
  2. Kemudian masukkan gula pasir, garam dan vanili, aduk hingga merata dan wangi,
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan hingga santan kembali dingin,
  4. Siapkan wadah adonan, campur maizena dan tepung beras hingga benar-benar merata,
  5. Tuangkan santan dingin tadi kedalamnya sedikit demi sedikit hingga mengental sempurna,
  6. Bagi adonan menjadi 2 bagian dalam dua wadah yang berbeda,
  7. Ambil 1 wadah adonan dan berikan pewarna kue nya dan aduk hingga tercampur rata dan berubah warna,
  8. Untuk 1 wadah yang lain biarkan saja untuk dijadikan warna dasar putih.
  9. Panaskan panci pengukus, panaskan suhunya dan jangan lupa tutup penutup pancinya dengan kain lap bersih agar air uap tidak menetes.
  10. Siapkan cetakan kue berbentuk segi panjang atau bulat dan oles bagian dalamnya dengan minyak goreng sedikit saja yang penting rata.
  11. Masukkan cetakan kedalam pengukus dan masukkan lapisan pertama warna merah dengan takaran 1 sendok sayur besar atau setidaknya akan membentuk lapisan dengan ketebalan kurang dari 1cm, kukus kurang lebih 3-4 menit
  12. Setelah berjalan waktu, kini giliran masukkan adonan warna putih diatasnya dengan ukuran sama dan kukus dengan waktu yang sama pula.
  13. Ulangi bergantian hingga adonan habis atau sesuai selera anda. Setelah selesai, kukusan yang terakhir setidaknya kurang lebih 12 menit.
  14. Setelah itu angkat dan tiriskan hingga dingin,
  15. Keluarka dari cetakan dan potong dari atas kebawah dengan ketebalan sesuai selera.
  16. Hidangkan dengan teh hangat sebagai menu camilan sore anda bersama keluarga.
Bagaimana, mudah dan praktis bukan cara membuat kue lapis tradisional khas jajanan pasar nya, pasti anda bertanya-tanya kenapa santan harus mengalami 2 kali perebusan, hal ini untuk mengantisipasi kue lapis agar tidak mudah basi. Itulah resep kuliner tradisional yang sudah mulai dilupakan orang-orang jaman sekarang, semoga sajian resep diatas bermanfaat menambah dan memperkaya koleksi resep dapur keluarga anda. Untuk resep lain yang tak kalah lezatnya, kami mempunyai 2 resep pilihan yang mungkin bisa anda coba juga, adapun resepnya anda bisa mencoba Bahan dan Resep Roti Lapis Kukus Khas Surabaya yang Lembut dan Nikmat ini atau Bahan dan Resep Camilan Jamur Krispi Gurih dan Renyah ini. Ikuti terus blog Bahanresep.com ini sebagai bahan referensi kuliner sehat untuk keluarga anda.

Advertisement

Advertisement