Bahan Resep Cenil Singkong Kuah Gula Merah dan Kelapa Parut ala Jajanan Pasar

Advertisement

Komposisi bahan dan resep cara mudah membuat cenil singkong kuah kental gula merah tabur kelapa parut spesial sajian kuliner khas jajanan pasar yang kenyal, manis dan enak.

Bahan Resep Cenil Singkong Kuah Gula Merah dan Kelapa Parut ala Jajanan Pasar
BahanresepDotCom - Komposisi bahan dan resep cara mudah membuat cenil singkong kuah kental gula merah tabur kelapa parut spesial sajian kuliner khas jajanan pasar yang kenyal, manis dan enak. Kue cenil adalah salah satu jajanan pasar yang sudah mulai jarang ditemukan sekarang ini akibat menjamurnya jajanan instan yang mendominasi pasar jajanan di indonesia. Cenil ialah makanan tradisional yang bertekstur kenyal dan biasanya terbuat dari tepung kanji dan juga singkong. Cenil akan lebih nikmat jika ditambahkan parutan kelapa dan juga kuah gula jawa sebagai pelengkapnya. Bagi anda yang pernah merasakan nikmatnya sajian kuliner tradisional ini, tentu rasa ingin kembali mencicipi rasa dan tekstur kenyalnya menjadi sebuah hal yang sangat dirindukan. Bagi anda yang ingin kembali merasakan sensasi kenikmatannya, dalam artikel resep terbaru ini blog Bahan dan Resep akan memberikan secara lengkap resep istimewa ini yang kami beri nama "Resep Kue Cenil Kenyal Tabur Kelapa parut dan Kuah Gula Jawa ala Bahanresep.com".
Resep Kue Cenil Kenyal Tabur Kelapa parut dan Kuah Gula Jawa ala Bahanresep.com

Cara membuat cenil singkong tidaklah sesulit yang dibayangkan, yang harus kita perhatikan ialah proses pencampuran dan komposisi bahan yang seimbang. Selain itu, tehnik perebusan juga memberi andil untuk kesempurnaannya. Untuk masalah kuah, anda bisa bereksperimen dengan hal ini, yang pasti antara cenil dengan parutan kelapa dan juga kuah gula jawa menjadi kesatuan sajian khas yang tak bisa dipisahkan. Untuk mempersingkat waktu, dibawah ini akan kami sertakan apa saja bahan dan bagaimana cara membuat cenil singkong tabur kelapa parut siram kuah gula kental secara lengkap dan mudah dimengerti.

Bahan membuat cenil kuah gula jawa dan kelapa parut spesial

  • 250gr singkong, kupas dan kukus sampai matang, kemudian haluskan
  • 100gr tepung kanji
  • 50cc air hangat
  • garam secukupnya
  • pewarna makanan hijau dan merah
Bahan kelapa parut untuk taburan cenil
  • 1 buah kelapa, hilangkan kulit dalamnya dan parut halus
  • garam secukupnya
  • 1 lembar daun pandan, hilangkan tulang daunnya
Bahan kuah gula jawa merah untuk cenil
  • 250gr gula merah atau bisa juga gula aren
  • 500cc air bersih
  • 2 lembar daun pandan, buang tulang daunnya

Cara membuat kue cenil singkong kuah gula merah dan kelapa parut spesial ala jajanan pasar

  1. Pertama-tama kita buat dulu kuah gula kental, kelapa parut kukus dan terakhir baru cenil nya
  2. Untuk Kuah Gula, siapkan panci atau wajan anti lengket, masukkan gula, air dan juga daun pandan kedalamnya, masak hingga kental dan cair. Setelah kental sempurna, saring kuah gulanya agar lebih bersih, dan tiriskan.
  3. Untuk membuat taburan dengan kelapa parut, siapkan dahulu pengukus, masukkan kelapa parut ditambah sedikit garam dan masukkan bersama daun pandan untuk memberi aroma wangi pandan, kukus sebentar saja agar parutan kelapa tidak berbau dan basi.
  4. Sekarang kita membuat cenilnya, siapkan wadah adonan, masukkan singkong yang telah dihaluskan tadi bersamaan dengan tepung kanji dan campurkan keduanya dengan menggunakan air hangat.
  5. Aduk dan uleni hingga kalis dan bisa dibentuk, bagi menjadi 3 bagian.
  6. Berikan warna pada masing-masing bagian, dan aduk rata setiap bagian hingga warnanya merata di tiap bagian.
  7. Ambil adonan dan bentik bula lonjong menyerupai lontong dan potong-potong dalam posisi serong setebal kurang lebih 1/2cm.
  8. Siapkan rebusan air untuk merebus cenilnya, setelah mendidih, masukkan adonan cenil yang sudah dipotong tadi kedalamnya, masukkan sedikit demi sedikit agar tidak saling menempel.
  9. Untuk mengetahui matang belumnnya, jika sudah terapung berarti cenil sudah matang.
  10. Setelah matang, angkat dan langsung masukkan ke kelapa parut agar tidak saling menempel.
  11. Untuk menghidangkannya, ambil cenil yang sudah dibalur kelapa parut dan taruh diatas piring dengan ditambah kuah kental gula merahnya.
  12. Sajikan dengan ditambah santan pandan kental tadi.
  13. Untuk anda yang suka dengan rasa gurih, anda bisa mengganti parutan kelapa dengan santan kelapa sebagai kuah siram atasnya
Mudah bukan cara membuat cenil singkong kuah gula dan kelapa parut nya, Semoga sajian kuliner jajanan pasar diatas bisa sedikit mengobati rasa kangen anda dengan makanan unik dengan tekstur kenyal ini. Untuk jenis jajanan atau camilan lain yang mungkin juga bisa anda coba, kami mempunyai beberapa resep alternatif seperti Bahan Resep Kue Lapis Kukus Tradisional Khas Jajanan Pasar atau Bahan dan Resep Roti Bakpao Halal Isi Kacang yang Empuk dan Lembut ini. Terima kasih telah berkunjung di blog ini, semoga resep-resep masakan pilihan yang kami berikan disini bisa menambah kekayaan kuliner anda untuk keluarga anda, tetap selalu hidup sehat dengan sajian lezat di blog bahanresep.com ini.

Advertisement

Advertisement